Total Tayangan Halaman

Bagian Bearing Beserta Fungsinya

Bagian Bearing Beserta Fungsinya

Bearing merupakan sebuah komponen mekanikal yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen pada mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan. Dengan bearing tentunya anda dapat menjaga poros shaft agar selalu berputar terhadap sumbu porosnya, bahkan bearing juga dapat menjaga suatu komponen yang bergerak linier agar selalu berada pada jalurnya. Bantalan pada bearing harus kuat untuk mengikuti poros dan elemen mesin lainnya yang bekerja dengan baik. Bearing dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya seperti pemutar atau baling-baling. Banyak toko yang Jual Bearing dengan merek ternama seperti Nachi, NSK, ASB, ZWZ, hingga NTN. Namun setiap merek bearing mempunyai harga yang berbeda, jadi bisa di sesuaikan saja tergantung keperluan untuk pemakaian. Oleh karena itu berikut ini beberapa bagian bearing beserta fungsinya.

  • Inner Ring dengan jalur (raceway).

Ring yang letaknya di bagian paling dalam. Permukaannya bersentuhan langsung dengan ball/roler dan poros. Umumnya terbuat dari bahan yang sama dengan outer ring.

  • Outer Ring dengan jalur (raceway).

Ring yang letaknya di bagian paling luar. Permukaannya bersentuhan langsung dengan ball/roler dan komponen mesin yang lain. Ring ini berfungsi untuk menahan bola/roller tetap berputar di tempat yang sama.

  • Komponen poros atau bergulir.

Bagian ini bentuknya bermacam-macam. Ada yang berbentuk bola, roller atau silinder, cone atau needle yang keras. Bagian ini bersentuhan langsung dengan outer dan inner ring. Bagian ini akan bergulir sesuai jalurnya ketika poros/komponen berputar.

  • Cage atau sarang rumah.

Bagian ini berfungsi untuk menjaga jarak antara bola/silinder. Dengan demikian bola/roller tidak saling bertabrakan atau bergesekan satu dengan yang lain. Sehingga putaran bearing menjadi halus dan lancar.

  • Seal atau penutup.

Bagian ini mungkin hanya ada di beberapa jenis bearing saja. Bagian ini berfungsi untuk menutup agar kotoran tidak masuk ke dalam bearing, dan menjaga pelumas tetap bersih.

Perlu anda ketahui bahwa pada bagian "Ring" memiliki fungsi sebagai bola/roller agar tetap berputar di tempat yang sama. Terbuat dari material yang keras, seperti baja atau chrome, yang kekuatannya mempengaruhi beban yang diterima dan masa pakainya. Kadang juga terbuat dari keramik dan plastik, walaupun lebih ringan. Perlu diingat bahwa bahan bearing plastik tidak cocok untuk ditempatkan pada temperatur dan tekanan tinggi.

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus

Penyebab Kerusakan Bearing Kendaraan

  Bearing atau lebih dikenal dengan laher, keberadaannya sering disepelekan mengingat bentuknya yang kecil. Namun, bearing sendiri berfungsi...